Berita

5 Fitur WhatsApp yang Jarang Diketahui tapi Berguna

KOMPAS. com porakporanda WhatsApp adalah aplikasi pesan instan terpopuler di dunia yang penuh digunakan oleh orang dari bermacam-macam kalangan dan usia, mulai dibanding berkirim teks hingga konten media dan dokumen.

Kemampuan WhatsApp pun semakin lama semakin bertambah lewat aneka fitur baru yang rajin disalurkan oleh pembuatnya.

Dibanding sekian banyak fitur yang ada, sebagian relatif jarang diketahui tapi bisa bermanfaat untuk pengguna. Berikut ini lima di antaranya yang dihimpun oleh KompasTekno, Rabu (6/1/2021).  

1. Kirim tulisan tanpa mengurangi kualitasnya

Mengunggah gambar di WhatsApp seringkali harus mengorbankan kualitas. WhatsApp hendak secara otomatis terkompresi agar bisa dikirim. Walhasil, gambar akan terlihat “pecah” saat dibuka karena resolusinya rendah.

Baca juga: 5 Fitur Terakhir WhatsApp yang Akan Hadir dalam 2021

Untuk mempertahankan kualitas agar tidak menurun dan pasti sesuai aslinya, lampirkan gambar sebagai dokumen dalam obrolan.

Caranya, klik ikon tambahan (gambar klip kertas) yang ada di sisi bawah. Kemudian seleksi dokumen > cari dokumen asing (di sisi paling atas) > pilih album foto yang dikehendaki > pilih foto > kirim.

2. Menenggelamkan pesan dengan arsip

Merasa terlalu penuh ruang obrolan (chatroom) di WhatsApp? Sifat “Arsip” bisa membantu untuk merapikan ruang obrolan.

Terutama, jika Anda masih ragu buat menghapus keseluruhan pesan percakapan. Dengan “Arsip”, chatroom hanya akan disembunyikan & akan muncul lagi ketika tersedia pesan baru masuk dari kontak yang disembunyikan tersebut.