Berita Data SGP

5 Merek Ponsel yang Tutup Selamanya


KOMPAS.com – LG Electronics baru-baru ini mengumumkan akan menutup bisnis ponselnya. Proses penutupan akan rampung pada 31 Juli 2021 mendatang. Setelah tanggal tersebut, LG tak lagi memproduksi ponsel baru.

Keluarnya LG dari bisnis ponsel disebabkan karena vendor asal Korea Selatan ini tidak bisa bersaing di pasar. Apalagi, smartphone asal China mulai mendominasi.

Sebelum LG, sebenarnya ada sejumlah brand ponsel lain yang bernasib sama. Ada banyak faktor yang memengaruhi, salah satu faktor terbesar adalah masalah kerugian semakin menggerogoti perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa vendor yang telah menutup bisnis ponselnya.

EricssonJONATHAN NACKSTRAND/AFP Ericsson

Sempat berjaya pada 1990-an, Ericsson resmi menutup bisnisnya. Semua berawal pada 1998, di mana Ericsson menghadapi masalah dalam proses pengembangan ponsel model Ericcsson T28.

Akibat masalah tersebut, waktu peluncuran ponsel yang awalnya direncanakan pada momen Natal 1998 molor hingga akhir 1999. Tanggal rilis Ericsson T28 pun terpaksa kembali ditunda akibat kebakaran yang melanda pabrik Philips yang berlokasi di Albuquerque, New Mexico

Akibat dari insiden ini, sebanyak 7 juta unit ponsel gagal diproduksi. Pada 2000, Ericsson kemudian meluncurkan satu buah ponsel baru bernama Ericsson R380.

Baca juga: Ini 10 Smartphone Terkencang Maret 2021 Menurut AnTuTu

Ericsson R380 sendiri merupakan ponsel Ericsson pertama yang mengusung sistem operasi Symbian. Namun, debut ponsel anyar tersebut rupanya tidak berhasil mendongkrak pasar.

Selanjutnya, Ericsson mencoba meluncurkan perangkat PC genggam bernama Ericsson MC218 dan PC genggam HS210 di tahun 1999.

Memasuki pergantian tahun 2000 ke 2001, Ericsson dilanda krisis. Dalam menghadapi krisis bisnis perusahaan, Ericsson memberhentikan 600 karyawannya yang terlibat dalam proses produksi ponsel.

Bonus terbaru Data SGP 2020 – 2021. Undian hari ini lain-lain bisa dilihat dengan terpola lewat kabar yg kita sampaikan pada website itu, lalu juga siap ditanyakan pada operator LiveChat support kami yg ada 24 jam On-line dapat mengservis seluruh kepentingan antara pemain. Ayo buruan join, & dapatkan prize Lotre serta Kasino Online tergede yang nyata di lokasi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *