Berita

Apple Patenkan Desain Controller Mirip Nintendo Switch


KOMPAS.com – Apple disinyalir makin serius menggarap sektor gaming. Pasalnya, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini, diketahui telah mengajukan hak paten untuk sejumlah desain controller.

Kabar soal pengajuan paten desain controller milik Apple tersebut terungkap dari bocoran yang dibeberkan Patently Apple.

Controller adalah alat kendali untuk bermain game. Dalam pengajuan paten yang diterbitkan pada 31 Maret 2022 dan pada 10 April 20 itu ada tiga jenis controller yang disiapkan.

Salah satu model controller yang dipatenkan oleh Apple, memiliki konsep serupa dengan controller milik konsol handheld Nintendo Switch. 

Baca juga: iPhone SE 2022 Sudah Muncul di Situs Apple Indonesia

Dalamdokumen yang diajukan, tampak bahwa controller tersebut dapat ditempelkan di sisi kiri dan kanan ponsel dalam posisi landscape. Controller tersebut nantinya juga akan dapat digunakan di tablet (iPad).

Paten Joystick Apple Paten Joystick Apple
Paten Joystick Apple Paten Joystick Apple

Model controller lainnya dalam paten yang diajukan oleh Apple, nampak didesain khusus untuk perangkat iPhone.

Controller tersebut berfungsi sebagai casing yang dapat dilipat dengan tombol di dalamnya. Selain itu, casing tersebut juga akan memiliki layar internal kecil untuk menampilkan konten game tambahan.

Konsep controller yang kedua ini terlihat menyerupai konsol handheld Nintendo DS.

Paten Joystick Apple Paten Joystick Apple

Sedangkan controller model terakhir di dalam paten yang diajukan Apple, memiliki desain joystick yang klasik.

Paten Joystick Apple Paten Joystick Apple

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (18/4/2022), controller model klasik ini nantinya akan dapat digunakan di iPhone, iPad, dan Mac melalui bluetooth.

Baca juga: Warga Ukraina Bisa Lacak Tentara Rusia dengan Find My Apple

Controller ini memiliki fitur khusus seperti mengaktifkan mode gaming pada perangkat atau menerima panggilan telepon yang masuk ketika bermain game.

Meski demikian, ketiga model controller tersebut sifatnya masih berupa paten. Sehingga masih ada kemungkinan desain tersebut batal direalisasikan oleh Apple.

Ini juga bukan pertama kali kabar mengenai Apple akan mengembangkan joystick miliknya sendiri berhembus.

Pada Maret 2020, akun Twitter dengan handle @L0vetodream mengatakan bahwa Apple sedang memproduksi controller buatannya sendiri dan akan selesai di tahun 2020 atau 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

seputar Data SGP 2020 – 2021. Prize terbaru lainnya ada diperhatikan secara terjadwal melalui notifikasi yg kita sisipkan dalam web ini, lalu juga dapat dichat pada petugas LiveChat support kita yang menjaga 24 jam Online guna mengservis semua keperluan para tamu. Mari buruan gabung, dan menangkan Lotto & Kasino On the internet terbaik yg tersedia di lokasi kami.