Berita

Apple Rilis iOS 14. 3 dan iPadOS 14. 3, Fitur Barang apa Saja yang Baru?

KOMPAS. com porakporanda Apple kembali merilis update sistem operasi (OS) untuk perangkat iPhone & iPad. iOS  14. 3 serta iPadOS 14. 3 resmi digelontorkan dan membawa sederet fitur berlaku.

iOS 14. 3 mengoptimalkan kamera di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Kedua iPhone terbaru tersebut kini dapat mengambil gambar secara format ProRAW.

Fitur ini memungkinkan perangkat untuk men foto yang detail. Selain tersebut, sejumlah elemen foto tersebut, semacam warna, exposure , white balance , dll, bisa dimodifikasi sedimikian sifat.

Selain itu, set yang terpasang iOS 14. 3 dan iPadOS 14. 3 serupa kini mendukung berbagai layanan dan ekosistem produk terbaru Apple, bagaikan Apple Fitness+ dan AirPods Max. Meski demikian, layanan Apple Fitness+ belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: iOS 14. dua Bikin Baterai iPhone Berkurang 50 Persen dalam 30 Menit

Ada pula kira-kira fitur yang hadir di sejumlah aplikasi bawaan perangkat, seperti sifat kualitas udara di aplikasi Weather, Maps, dan Siri, tab Apple TV+ di aplikasi Apple TV, opsi mesin pencari ( search engine ) Ecosia di penggunaan Safari, dan masih banyak teristimewa.

Selebihnya, pembaruan iOS 14. 3 dan iPadOS 14. 3 menambal sejumlah bug yang ditemukan. Seperti bug yang menghalangi pesan multimedia (MMS) masuk, folder aplikasi dengan tidak bisa dibuka, fitur Bluetooth yang tidak bisa diakses pada menu Settings, dan lain sebagainya.  

Informasi lengkapnya bisa disimak di daftar release notes yang dilansir MacRumors dan dihimpun KompasTekno , Selasa (15/12/2020) di tautan berikut.

Pembaruan iOS 14. 3 dan iPadOS 14, 3 ini berukuran sekitar 5 GB dan sudah bisa diunduh secara over-the-air (OTA) di berbagai iPhone dan iPad yang mendukung.

Adapun perangkat yang mendukung sistem operasi ini mulai sejak iPhone 6s hingga iPhone terbaru, dan iPad Air 2 tenggat iPad keluaran terbaru.

Baca juga: Ini Dia, Daftar Game dan Aplikasi iOS Terbaik 2020

Biasanya, update sendiri bisa didapatkan dengan otomatis. Hal ini ditandai secara munculnya notifikasi khusus di unit.

Namun, apabila tidak mendapatkan notifikasi pembaruan iOS 14. 3 dan iPadOS 14. 3, pengguna iPhone dan iPad bisa memperbarui sistem secara manual secara mengakses menu “Settings” > “General” > “Software Update”.