Berita

Berapa Jarak Ideal antara Mata dan Layar Smartphone?


KOMPAS.com – Saat Anda membaca artikel ini, seberapa jauh jarak mata dengan layar smartphone Anda? Apakah terlalu jauh atau terlalu dekat?

Di era serba digital saat ini, sebagian besar manusia menghabiskan banyak waktu dengan menatap layar smartphone. 

Untuk mengakses media sosial saja, misalnya, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama tiga jam dalam sehari. Riset perusahaan asal Inggris, We Are Social, mengatakan demikian. 

Penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama tentu akan memberikan efek terhadap mata pengguna. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna menjaga jarak pandang antara mata dan smartphone.

Lantas, seberapa jauh idealnya jarak antara mata dan layar smartphone?

Dirangkum KompasTekno dari Safe365, Sabtu (7/8/2021), sejumlah penelitian menyarankan bahwa jarak ideal antara mata dan smartphone adalah 50-70 cm, atau setidaknya menjaga dalam jarak 40-45 cm.

Baca juga: Main Smartphone Sebelum Tidur Baik untuk Kesehatan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pengguna sebaiknya membuat jarak sekitar 10-12 cm lebih rendah di bawah level mata. Menatap layar smartphone terlalu dekat menjadi salah satu penyebab mata menjadi tegang. Apalagi, menatap layar berjam-jam hingga lupa waktu.

Biasanya, menatap layar terlalu dekat dalam waktu lama menimbulkan efek penglihatan yang mulai buram, mata kering, mata gatal, sakit kepala, serta leher dan pundak yang terasa pegal. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi efek tersebut.

Jarak rata-rata pria dan wanita

Menurut jurnal berjudul “Viewing distance of smartphones in presbyopic and non-presbyopic age” yang dipublikasikan di Science Direct, pria dan wanita memiliki jarak ideal yang berbeda dalam menatap layar smartphone.

Salah satu penyebab perbedaan itu adalah rata-rata ukuran tubuh yang berbeda antara pria dan wanita.

Prize paus Result SGP 2020 – 2021. gede lainnya hadir diperhatikan dengan terjadwal via info yg kita umumkan di website itu, lalu juga dapat dichat kepada layanan LiveChat support kami yg ada 24 jam On-line guna mengservis seluruh kebutuhan para bettor. Yuk cepetan join, dan ambil cashback Toto serta Live Casino On the internet terbaik yang tampil di website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *