Berita

Cara Download Video YouTube di Smartphone


KOMPAS.com – YouTube merupakan platform streaming video besutan Google yang kini sangat digemari. Ada banyak konten video tersedia di sana dari bermacam-macam kategori. 

Tahukah Anda bahwa download video YouTube di smartphone sangat dimungkinkan, sehingga video bisa ditonton secara offline di ponsel?

Video tersebut bisa di-download tanpa aplikasi tambahan. Dengan kata lain, Anda cukup memiliki aplikasi YouTube saja, baik di perangkat Android maupun iOS. Lantas bagaimana cara download video YouTube?

  • Cara download video Youtube lewat aplikasi .KOMPAS.com/Bill Clinten Cara download video Youtube lewat aplikasi .

    Pertama-tama, cara download video YouTube, buka aplikasi YouTube. Kemudian cari dan mainkan video yang ingin diunduh.

  • Klik tombol “Download” yang berada di antara tombol “Share” dan “Save”. Ketiga tombol ini terletak tepat di bawah judul video. 
  • Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori dengan jendela kualitas video unduhan mulai dari Low (144p), Medium (360p), hingga High (720p). Pilih kualitas video yang Anda inginkan.
  • Perlu diingat, semakin tinggi kualitas sebuah video, maka semakin besar pula ukuran video tersebut.

Baca juga: YouTube Rilis Fitur untuk Skip ke Bagian Tertentu di Video Panjang

  • Setelah memilih kualitas video yang diinginkan, klik tombol “OK”. Anda juga bisa mencentang kotak “Remember my settings” agar jendela tersebut tidak muncul lagi.
  • Nantinya, ketika Anda ingin mengunduh video lain dan telah mengaktifkan opsi tadi, maka video akan otomatis di-download dengan kualitas yang sudah ditentukan.

Aneka video yang telah didownload dari YouTube bakal terkumpul di menu halaman “Downloads” yang bisa diakses dengan meng-klik tab “Library” yang mejeng di ujung kanan bawah aplikasi seperti pada gambar berikut.

  • Cara lihat daftar unduhan video Youtube dan menghapusnya.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara lihat daftar unduhan video Youtube dan menghapusnya.

    Pada halaman “Downloads”, Anda bisa menghentikan proses unduhan dengan meng-klik “Pause” atau menghapus video yang sudah diunduh dengan memilih “Delete from downloads”.

  • Kedua opsi tersebut bisa ditemukan ketika Anda meng-klik ikon “tiga titik” di sebelah kanan video.

Lebih jauh, Anda juga bisa mengubah segala pengaturan terkait fitur download di YouTube ini dengan mengakses ikon “tiga titik” pula yang terletak di sebelah kanan tombol “Search”.

Baca juga: YouTube Tak Lagi Kategorikan Video 720p sebagai High Definition

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa pengaturan yang bisa diubah mencakup kualitas unduhan, pengunduhan video hanya lewat Wi-Fi, menyimpan video yang sudah diunduh di kartu SD agar tidak memenuhi memori internal, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat, untuk download video YouTube, Anda harus terhubung ke YouTube (secara online) setidaknya 29 hari setelah Anda mengunduh sebuah video.

Jika tidak, maka video tersebut bakal dihapus dari halaman “Downloads” secara otomatis dan Anda harus mengunduhnya kembali.

Tidak semua video bisa diunduh dan disaksikan secara offline. Sebagian besar video musik, misalnya, tidak bisa diunduh karena terlindungi hak cipta.

Hal ini juga tergantung pada pemilik akun apakah menyediakan videonya untuk diunduh oleh pengguna lain atau tidak.

Baca juga: Baru Seumur Jagung, Nasib YouTube Premium di Ujung Tanduk?

Meski demikian, pengguna bisa membayar sejumlah uang untuk berlangganan YouTube Premium agar bisa mengunduh video tersebut.

Adapun biaya berlangganan termurah Youtube Premium (untuk akun pribadi) adalah Rp 59.000 per bulan.

terbaik Data SGP 2020 – 2021. Promo terkini yang lain tampak diperhatikan dengan terjadwal via iklan yang kami sisipkan pada situs ini, serta juga siap ditanyakan kepada layanan LiveChat pendukung kami yg siaga 24 jam On the internet dapat melayani semua kepentingan para tamu. Yuk cepetan join, & menangkan prize Undian serta Kasino Online terhebat yang terdapat di tempat kita.