Berita

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan Mudah


KOMPAS.com – Handphone (HP) kini bisa memiliki fungsi untuk beragam hal, termasuk hiburan. Pengguna bisa memanfaatkan HP untuk menonton video, mendengarkan musik, bermain game, dan sebagainya.

Di sisi lain, ukuran layar HP yang kecil kadang membuat pengalaman mengakses hiburan tersebut jadi kurang memuaskan. Apalagi saat dipakai menonton film, mungkin Anda harus memegangi HP itu agar tidak jatuh sembari agak mendekatnya layarnya.

Baca juga: Ini Beda Smart TV dan Android TV

Cukup merepotkan bukan? Tapi kini tak usah khawatir, Anda bisa menghubungkan HP ke televisi (TV) supaya tampilannya berpindah ke medium dengan layar yang lebih besar.

Dengan demikian, Anda bisa mengakses hiburan di HP namun ditonton pada layar TV yang memiliki ukuran lebih besar, sehingga pengalaman menonton film atau bermain game, jadi terasa lebih lega.

Cara menghubungkan HP ke TV itu cukup mudah, Anda tidak memerlukan kabel tambahan sebagai sambungan yang menghubungkan antara HP dengan TV.

Meski terbilang mudah, Anda beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu apabila ingin menghubungkan HP ke layar TV. Berikut syarat menyambungkan HP ke TV tanpa kabel:

  • Pertama, pastikan HP Anda telah mendukung fitur Screen Mirroring, yang memungkinan agar tampilan di HP bisa ditransmisikan ke layar TV. Anda bisa memeriksa ketersedian fitur lewat laman dukungan atau panduan di masing-masing HP.
  • Kedua, pastikan Anda memiliki jaringan WiFi yang nantinya berguna untuk menghubungkan HP ke TV secara nirkabel.
  • Ketiga, pastikan TV milik Anda telah mendukung sambungan HDMI dan USB.
  • Keempat, Anda harus memiliki perangkat dongle HDMI untuk bisa menyambungkan TV ke WiFi. Dongle HDMI bisa dibeli melalui marketplace seperti Tokopedia, dengan harga sekitar Rp 100 ribu’an.
  • Kelima, unduh dan instal aplikasi Screen Mirroring di HP Anda seperti Miracast.

Aplikasi Miracast bisa didapat lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk HP Android) dan App Store (untuk iPhone).

Aplikasi Screen Mirroring seperti itu menyesuaikan kompatibilitasnya dengan perangkat dongle HDMI. Anda bisa memeriksa kompatibilitas aplikasi itu di buku petunjuk perangkat. Umumnya, dongle HDMI yang ada dipasaran kompatibel dengan aplikasi Miracast.

Setelah dirasa semua syarat terpenuhi, kini Anda bisa mulai menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel.

Penasaran dengan bagaimana cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel? Simak penjelasan berikut ini, sebagaimana dilansir Makeuseof.

  • Matikan TV Anda terlebih dahulu
  • Hubungkan konektor HDMI di dongle pada port yang tersedia di TV
  • Hubungkan konektor USB di dongle ke port yang tersedia di TV supaya bisa nyala
  • Hubungkan kabel WiFi di dongle ke port yang ada di perangkat router
  • Setelah semua sambungan terpasang dengan baik, nyalakan TV dan alihkan input layarnya ke sambungan HDMI.
  • Setiap TV punya pengaturan yang berbeda untuk beralih input ke layar HDMI. Ikuti caranya sesuai petunjuk yang diberikan perangkat TV Anda
  • Setelah masuk ke layar HDMI, sistem TV bakal membaca dan menampilkan bahwa terdapat perangkat dongle HDMI yang tadi telah tersambung
  • Kemudian, buka aplikasi Miracast di HP Anda yang tadi telah diunduh dan diinstal
  • Klik opsi “Connect” yang berada di halaman awal aplikasi.
  • Pilih nama dongle HDMI yang tadi sudah terhubung di TV dan jaringan WiFi
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil menghubungkan HP dan TV Anda
  • Apabila berhasil maka layar TV Anda akan menampilkan gambar sesuai tampilan yang ada di HP.

Baca juga: Apakah TV Digital Pakai Internet?

Kini, Anda bisa menonton film atau bermain game di HP dengan tampilan yang lebih lega menggunakan layar TV. Itulah cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Hadiah gede Pengeluaran SGP 2020 – 2021. terbaik lain-lain tersedia dipandang secara terprogram lewat banner yang kami lampirkan dalam web tersebut, serta juga siap ditanyakan pada teknisi LiveChat pendukung kami yg ada 24 jam Online buat meladeni semua keperluan para player. Yuk secepatnya gabung, dan ambil prize Lotto serta Live Casino On the internet terhebat yg tampil di tempat kita.