Berita Data SGP

Cara “Screenshot” Sebagian Layar dan Jendela Aplikasi di Windows 10


KOMPAS.com – Berbagi informasi di laptop menggunakan metode tangkap layar alias screenshot sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan.

Namun, sejumlah pengguna Windows 10 mungkin hanya menggunakan cara umum untuk melakukan screenshot, yakni dengan menekan tombol pintasan “PrtScr” atau menekan tombol kombinasi “Fn + PrtScr” pada keyboard, lalu paste dengan “Ctrl + V”.

Cara lain yang biasa digunakan ialah dengan menekan tombol kombinasi “Windows” + “PrtScr”. Metode ini akan langsung otomatis menyimpan hasil tangkapan layar di folder “Pictures”.

Kedua metode yang sudah disebutkan tadi sama-sama hanya bisa digunakan untuk menjepret seluruh tampilan layar di laptop atau PC desktop berbasis Windows.

Baca juga: Cara Merekam Video Tampilan Layar Laptop Windows 10 dan MacBook

Lantas bagaimana jika pengguna hanya ingin menjepret area tertentu saja pada layar laptopnya?

Misalnya pengguna hanya ingin menjepret paragraf tertentu pada artikel di media online. Atau ingin melakukan screenshot jendela aplikasi yang tengah digunakannya.

Nah, selain dua cara di atas, WIndows sebenarnya menyediakan tiga cara alternatif lain untuk melakukan screenshot, khususnya ketika ingin menjepret area tertentu saja.

Berikut tiga cara yang dapat digunakan pengguna Windows, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Toms Guide, Jumat (2/3/2021).

1. Cara screenshot sebagian layar

Untuk menangkap sebagian area layar, pengguna Windows hanya perlu menekan tombol kombinasi “Windows + Shift + S” pada keyboard.

Bonus mantap Data SGP 2020 – 2021. Game paus lainnya muncul dilihat secara berkala melewati banner yang kami umumkan pada website tersebut, lalu juga dapat dichat pada operator LiveChat support kami yang menjaga 24 jam On the internet buat meladeni seluruh keperluan para tamu. Ayo cepetan join, serta ambil promo Lotto dan Kasino On-line terbaik yg tersedia di tempat kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *