Berita

Google Ganti File APK Android Jadi AAB, Apa Pengaruhnya untuk Pengguna?


KOMPAS.com – Selamat tinggal format file Android Package Kit (APK). Format yang biasa digunakan para pengembang aplikasi untuk mendistribusikan aplikasinya di Google Play Store ini, akan resmi digantikan mulai 1 Agustus 2021.

Google menggantikan format APK dengan format baru, bernama Android App Bundle atau disingkat AAB (.aab). Format AAB pertama kali diperkenalkan Google dalam acara Google I/O 2018.

“Google Play akan mulai mewajibkan aplikasi baru untuk didistribusikan dengan format Android App Bundle mulai Agustus 2021. Ini akan menggantikan APK sebagai format distribusi standar,” tulis Dom Elliott selaku Product Manager Google Play, dalam sebuah postingan di blog resmi Android Developers.

Baca juga: Google Tendang Pengembang Aplikasi yang Malas dari Play Store

Lantas, dengan adanya perubahan format APK menjadi AAB ini, apa pengaruhnya untuk pengguna Android?

Pengguna Android tampaknya tidak perlu khawatir dengan adanya migrasi format file APK ke AAB ini. Pasalnya, format ini sedianya digunakan pengembang aplikasi untuk mendistribusikan aplikasinya di Google Play Store.

Ketika aplikasi sudah didistribusikan di Google Play Store, maka pengguna tetap bisa memasang berbagai aplikasi dengan mengeklik tombol “Install” seperti biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Benefit bagi pengguna Android

Namun, yang pasti, perubahan format standar distribusi aplikasi Android dari APK ke AAB ini justru akan memberikan benefit kepada pengguna Android. Misalnya, pengguna bisa meng-install aplikasi dengan ukuran yang lebih kecil.

Elliot mengatakan, format file AAB memungkinkan ukuran aplikasi Android menjadi 15 persen lebih kecil, bila dibandingkan dengan aplikasi Android yang didistribusikan dalam format APK.

Format AAB bisa menghemat penyimpanan ponsel Android sebab sifatnya yang dinamis. Format ini membuat agar tidak semua file aplikasi perlu diunduh dan dipasang di ponsel, namun ujung-ujungnya tidak terpakai.

Misalnya, aplikasi yang diunduh tidak akan menyertakan fitur 4K jika mendeteksi ponsel yang dipakai tidak mendukung resolusi setinggi itu.

Baca juga: Selamat Tinggal File APK Android

Diskon spesial Result SGP 2020 – 2021. Promo seputar yang lain dapat dipandang dengan berkala melalui pemberitahuan yang kita sampaikan di website ini, dan juga siap dichat pada layanan LiveChat support kita yg stanby 24 jam Online untuk meladeni semua kepentingan para bettor. Yuk segera join, serta ambil hadiah Lotere & Kasino On-line tergede yang hadir di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *