Berita

Honorarium Online di Instagram Kini Bisa Chatting dengan Penjual lewat WhatsApp

KOMPAS. com semrawut Instagram merilis fitur baru untuk mempermudah proses bayaran online di platform- nya. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Instagram bisnis untuk menautkan nomor WhatsApp-nya langsung di di profil Instagram.

Secara fitur tersebut, calon pembeli di Instagram dapat langsung menghubungi pedagang melalui WhatsApp lewat sebuah bincul khusus tanpa perlu menyimpan cetakan tersebut.  

Nantinya, pengguna akan mendapati sebuah bincul baru yang tertera di kaca profil akun Instagram penjual. Kala tombol tersebut diklik, pengguna mau secara otomatis dialihkan ke penggunaan WhatsApp.

Di kian, pengguna dapat langsung memulai percakapan dengan para penjual. Sebelum sifat ini hadir, pemilik akun Instagram bisnis hanya bisa mencantumkan cetakan telepon dan e-mail di halaman bentuk Instagram mereka.

Awalnya, pembeli dengan ingin menghubungi penjual hanya bisa mengirimkan pesan melalui Direct Message di Instagram atau melalui seruan telepon dan e-mail.

Instagram mengucapkan bahwa fitur ini sudah tersedia dan bisa langsung dicicipi oleh pengguna di Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Pasific yang mendapatkan fitur ini.

Membaca juga: Instagram Sebut Engagement Mendarat Bukan karena Shadowban

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, fitur itu diharapkan dapat membantu UMKM serta para pelaku bisnis dalam menawarkan produk mereka, terutama di era pandemi.

“Melalui fitur ini, kami harap para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis yang mereka sukai secara lebih gampang dan cepat sehingga dapat mempercepat terjadinya proses transaksi, ” introduksi Pieter dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno , Jumat (18/12/2020).

Sebelum bisa menggunakan fitur ini, ada beberapa sikap yang harus dilakukan oleh para pemilik akun bisnis Instagram. Mereka harus terlebih dahulu menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis mereka.

Pertama-tama, pemilik akun bisnis dapat mengunjungi kaca akun bisnis Instagram dan seleksi opsi Edit Profil. Berikutnya, pilih opsi Kontak lalu tambahkan bagian WhatsApp yang diinginkan.

Baca juga: Facebook Diminta Jual Instagram dan WhatsApp

Kemudian, Instagram akan mengirimkan kode autentikasi. Masukkan kode tersebut agar akun Instagram bisnis dapat terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp Anda.

Pemilik akun bisnis Instagram juga dapat membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp. Caranya biar cukup mudah. Di aplikasi WhatsApp, buka Fitur Bisnis dan lari ke menu Pengaturan.

Pilih opsi Akun Tertaut kemudian pilih Instagram. Pilih opsi Batalkan Tautan untuk mengahpus tautan kurun akun Instagram dengan akun WhatsApp Anda.

Menangkap juga: Apa itu Shadowban Instagram, Penyebab dan Cara Mengatasinya