Berita

iOS 12. 5 Meluncur untuk iPhone Lawas, Ada Fitur Pelacak Covid-19

KOMPAS. com awut-awutan Selain merilis pembaruan iOS 14. 3, Apple juga menggelontorkan update iOS 12. 5 buat iPhone lawas. Dalam pembaruan tersebut, Apple membawa fitur pelacak Covid-19 benama Exposure Notifications.

Seperti namanya, fitur ini mampu mengingatkan pengguna iPhone jika itu berada dalam jarak yang depan dengan pengguna lainnya yang terpapar Covid-19. Fitur ini hadir dengan mengandalkan Application Programming Interface (API) yang digarap oleh Apple dan Google.

Apabila seorang pengguna iPhone terpapar Covid-19, pengguna itu bisa secara sukarela melaporkan kondisinya ke dalam fitur Exposure Notifications.

Agar bisa berlaku dengan optimal, fitur ini membutuhkan kerja sama dengan otoritas kesehatan tubuh di negara bersangkutan.

Sebab, cuma otoritas kesehatan saja yang bisa memasukkan data Covid-19 ke ponsel pengguna apabila mereka dinyatakan meyakinkan Covid-19.

Menangkap juga: 5 Langkah Mudah untuk Menghemat Memori iPhone

Fitur ini memanfaatkan asosiasi bluetooth perangkat untuk melacak keberadaan pemakai yang terpapar Covid-19.

Nantinya, fitur ini akan menganjurkan peringatan kepada pengguna apabila berada dalam jarak yang dekat dengan pasien Covid-19. Pengguna juga hendak diberikan notifikasi dan petunjuk kiprah selanjutnya yang harus dilakukan.

iOS 12. 5 dirilis untuk iPhone lawas yang tidak mendukung iOS 14. Perangkat lawas yang dimaksud ada yang sudah berusia dekat 7 tahun, yakni iPhone 5S yang dirilis pada September 2013.

Selain itu, iOS 12. 5 turut hadir di iPhone 6, iPhone 6 Tambah,   iPad Air, iPad kecil 2, iPad mini 3, dan iPod touch generasi keenam.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac , Selasa (15/12/2020), selain iOS 12. 5, Apple juga turut merilis watchOS 6. 3 untuk model Apple Watch generasi lama. watchOS 6. 3 hadir dengan tambahan fitur keamanan perangkat.

Mengucapkan juga: iOS 14. 2 Bikin Baterai iPhone Berkurang 50 Tip dalam 30 Menit

Untuk melakukan pembaruan, pemakai cukup memilih menu “Settings”, lalu pilih “General” lalu klik menu “Software Update”. Di sana, pilih opsi “Download and install”.