Berita

Layanan Data Diprediksi Meningkat Saat Natal dan Tahun Baru

KOMPAS. com awut-awutan Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Naru), lalu-lintas (trafik) dan kebutuhan akan kuota bahan pelanggan operator seluler diprediksi bakal meningkat. Operator seluler pun melakukan sejumlah antisipasi untuk menghadapi lonjakan trafik.

Telkomsel

Telkomsel memprediksi trafik layanan data hendak mengalami peningkatan sebesar 10, 19 persen dibandingkan dengan hari biasa pada 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data hendak tumbuh 49, 3 persen.

Prediksi tersebut didasari di dalam tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun itu, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian.

Baca juga: Pulsa dan Kartu Perdana Telkomsel Kini Bisa Dibeli dari Aplikasi GoJek

Akses layanan yang diprediksi akan meningkat adalah media baik (7, 32 persen), layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) (22, 52 persen), streaming video (12, 47 persen), layanan mobile gaming (18, 65 persen), akses browsing (14, 21 persen), serta e-commerce (13, 17 persen).

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan berlaku pertumbuhan sebesar 4, 89 tip dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, kemajuan yang terjadi diprediksi mencapai 0, 8 perseb.

Untuk layanan Voice (telepon), Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2, 76 persen dari hari biasa pada tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan mau turun 12, 1 persen.

XL Axiata

Pada dua tarikh terakhir, trafik data XL dalam momen Natal dan Tahun Anyar meningkat hingga 15 persen.

Tahun ini, meskipun sedang dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa.