Berita

Mampu Frekuensi 5G, Smartfren Targetkan Penggandaan Pelanggan 30 Persen

KOMPAS. com – Tahun 2021 menjadi tahun yang penting bagi Smartfren. Pasalnya, operator seluler itu telah memenangkan lelang pita frekuensi radio 2, 3 GHz untuk jaringan 5G, dengan dibuka oleh pemerintah beberapa periode lalu.

Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim mengucapkan bahwa pihaknya berencana untuk mempersiapkan uji coba 5G pada 20 Januari mendatang.

Tes coba tersebut akan diadakan dalam salah satu galeri Smartfren yang berlokasi di Jalan Sabang dan bakal dihadiri secara virtual oleh anggota Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Baca juga: Ini Rencana Smartfren serta Tri Setelah Dapat Frekuensi 5G

“Smartfren secara teknologi jadi untuk melaksakan layanan 5G. Kita mendukung daripada program pemerintah, pada hal ini Memkominfo, ” ujar Djoko dalam acara konferensi pers virtual, Kamis (7/1/2020).

“Kita harapkan (jumlah pelanggan) kita bisa bertumbuh 25 sampai 30 persen dibandingkan dengan tahun lulus, ” lanjut Djoko.

Sebagai gambaran, pada paruh pertama 2020 lalu, Smartfren mengklaim mempunyai 26 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Pada 2021 ini, Smartfren mematok target jumlah pelanggan menjadi dua kali lipat, yakni 40 juta.

3 operator penyelenggara 5G

Serupa diberitakan sebelumnya, Kemenkominfo telah menetapkan tiga operator yang akan mengimplementasikan jaringan 5G di Indonesia.

Adapun ketiga operator seluler tersebut adalah Smartfren, Telkomsel, & Tri Indonesia.

Smartfren resmi mendapatkan bagian blok A di frekuensi 2, 3 GHz, dengan alokasi lebar pita sebesar 10 MHz. Sebelumnya, Smartfren telah memiliki alokasi 30 Mhz di pita frekuensi 2, 3 GHz.

Dengan tambahan 10 Mhz ini, Smartfren akan memiliki lebar pita 40 Mhz, sejenis dengan yang dimiliki Telkomsel.

Sementara Hutchison Tri Indonesia mendapat bagian blok C yang tersebar di sembilan wilayah, sementara Telkomsel mengisi satu golongan lainnya, yakni Blok B.

Serupa dengan Smartfren, serta Telkomsel, Tri juga mendapatkan bagian spektrum sebesar 10 Mhz.