Berita

Memahami Andy Jassy, Sosok Pengganti Jeff Bezos sebagai CEO Amazon

KOMPAS. com – Jeff Bezos mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO Amazon, perusahaan yang dirintisnya semasa 26 tahun.

Satu diantara orang terkaya di dunia itu akan meninggalkan posisinya tahun tersebut dan akan menjabat sebagai Executive Chair of the Amazon Board.

Posisi Bezos mau digantikan oleh Andrew R. Jassy, atau sering dipanggil Andy Jassy. Ia akan menjabat sebagai CEO Amazon pada kuartal ketiga 2021. Jassy saat ini masih menjabat sebagai CEO Amazon Web Services (AWS).

Nama Jassy belum banyak disebut di media selama ini. Lantas siapakah Andy Jassy?

Pria asal New York itu lulus dari Harvard College tahun 1990. Ia lalu meneruskan studi di Harvard Business School untuk mendapat gelar master.

Namun, sebelum memburu menyelenggarakan master, Jassy lebih dulu bekerja di salah satu perusahaan dengan jabatan sebagai project manager . Setelah mendapat membuat master, ia bergabung Amazon pada 1997 sebagai marketing manager .

Setia secara Amazon

Bisa dibilang, Jassy adalah salah kepala saksi hidup berdirinya Amazon, sejak masih sekadar menjadi e-commerce hingga menjelma salah satu raksasa teknologi negeri dengan lini bisnis di bermacam-macam bidang.

Pria kelahiran 13 Januari 1968 ini sudah puluhan tahun bekerja di Amazon dan belum pernah keluar meskipun.

Pada 2003, tempat menginisiasi Amazon Web Services yang kala itu baru memiliki 57 karyawan. Kemudian pada 2006, AWS resmi diluncurkan. Jassy merupakan salah satu anggota grup elit eksekutif bersama Bezos yang bernama S-Team.

Baca selalu: AWS Buka Data Center Segar di Indonesia 2021