Berita

Mengapa Smartphone Bisa Terbakar, Ini 10 Pemicunya yang Wajib Dihindari


KOMPAS.com – Baru-baru ini, peristiwa ponsel terbakar kembali terjadi. Ponsel yang terbakar di kabin pesawat maskapai AS, Alaska Airlines. Kasus tersebut bukan yang pertama kali terjadi dan tidak hanya menimpa satu merek ponsel saja.

Ada beragam penyebab mengapa ponsel bisa terbakar atau meledak, seperti misalnya korsleting atau adanya kesalahan saat pengisian daya.

Salah satu penyebab yang sering muncul adalah panas berlebih pada bagian dalam ponsel yang kemudian memicu terjadinya ledakan.

Baca juga: Samsung Galaxy A21 Terbakar di Kabin Pesawat, Penumpang Dievakuasi

Selain itu, ada juga penyebab lainnya yang mengakibatkan ponsel bisa terbakar. Apa saja?

Berikut ini adalah 10 penyebab mengapa smartphone bisa terbakar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Jumat (27/8/2021).

1. Ponsel yang rusak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ponsel Anda mengalami kerusakan parah, sebaiknya Anda harus segera memperbaiki perangkat tersebut di layanan service center.

Misalnya layar atau bodi ponsel Anda retak, hal itu sangat berisiko karena dapat menyebabkan air atau keringat Anda masuk ke dalam perangkat bahkan bisa saja masuk ke kompartemen baterai.

2. Charger palsu

Selalu gunakan charger original atau yang memang dikenal berkualitas tinggi. Setiap vendor biasanya memiliki standar dan spesifikasi tertentu untuk charger yang diproduksi, terutama yang memiliki kemampuan Fast Charging.

Baca juga: Truk Pengangkut 200.000 iPhone Terguling dan Terbakar

Jangan ambil risiko dengan menggunakan charger non-original yang keluaran listriknya tak terjamin bagus. Ingatlah bahwa tak semua charger memiliki kualitas setara.

Lebih baik memilih merek terpercaya daripada mengorbankan perangkat dengan memilih charger abal-abal. Salah-salah, bukannya menghemat tapi malah rugi karena perangkat rusak, bahkan terbakar atau meledak.

Prize paus Data SGP 2020 – 2021. Hadiah oke punya lain-lain muncul diamati dengan terprogram lewat iklan yang kami sampaikan pada website tersebut, dan juga dapat ditanyakan terhadap petugas LiveChat pendukung kami yang menjaga 24 jam Online buat melayani segala kepentingan antara pemain. Lanjut cepetan join, & ambil Buntut dan Kasino Online terhebat yg nyata di laman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *