Berita

Pasar Smartphone Indonesia Kembali Lesu pada Kuartal III-2021


KOMPAS.com – Pasar smartphone di Indonesia kembali lesu pada kuartal-III (Juli-September) 2021 ini. Hal ini ditengarai karena merebaknya gelombang kedua pandemi Covid-19 di Tanah Air pada Juli lalu.

Menurut laporan terbaru dari firma riset IDC, pada periode ini, volume pengiriman (shipment) smartphone di Indonesia turun hingga 12,4 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-over-year/YoY).

Dalam keterangan tertulisnya IDC mengungkapkan, total jumlah pengiriman smartphone selama kuartal III-2021adalah sebanyak 9,2 juta unit.

Angka itu sedikit menurun jika dibandingkan dengan kuartal II-2021 (quarter-on-quarter/QoQ), di mana total pengiriman smartphone mencapai 10,6 juta unit, menurut catatan IDC.

Menurut IDC, vendor ponsel di Indonesia kini mulai fokus menghadirkan ponsel 5G di Tanah Air. Ini terlihat dari volume mengiriman yang naik, yaitu dari 6 persen pada kuartal sebelumnya menjadi 7 persen di kuartal III-2021.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal III-2021, Oppo Salip Xiaomi

Tak hanya itu, harga jual rata-rata (average selling price/ASP) ponsel 5G juga menurun signifikan mencapai 27 persen QoQ, menjadi 418 dollar AS (setara Rp 6 juta) di kuartal III-2021. Artinya, harga ponsel 5G di Indonesia semakin murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut disebabkan karena para vendor ponsel berusaha menghadirkan smartphone 5G dengan harga terjangkau ke pasar Indonesia.

IDC mengungkapkan, penurunan pangsa pasar ini disebabkan karena adanya gangguan saluran pada penjualan offline dan kesulitan dari sisi pasokan.

Pada Juli lalu, Indonesia memasuki gelombang kedua Covid-19 yang akhirnya membuat pemerintah mengetatkan aturan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sebagian besar pemberlakuan aturan pembatasan kegiatan itu berlangsung selama kuartal III-2021. Alhasil, banyak toko ritel ponsel di wilayah Pulau Jawa-Bali dan beberapa wilayah lainnya tutup. Imbasnya, penjualan smartphone di saluran offline menjadi terganggu.

Info hari ini Data SGP 2020 – 2021. Promo paus lain-lain dapat dipandang dengan berkala via iklan yg kita lampirkan di web tersebut, serta juga siap dichat terhadap layanan LiveChat support kita yg menunggu 24 jam On-line buat meladeni seluruh keperluan antara pemain. Yuk segera join, & kenakan promo Lotto dan Live Casino On the internet terbesar yg hadir di lokasi kita.