Berita

Penerapan Pesaing WhatsApp Kini Mendukung Norma Jawa

KOMPAS. com – Signal, aplikasi pesaing WhatsApp kini semakin populer sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi baru yang ditentang banyak orang.

Pengguna WhatsApp dilaporkan cukup banyak yang hijrah ke aplikasi Signal. Aplikasi ini diklaim lebih terpercaya dalam urusan privasi dibanding WhatsApp.

Secara umum, Signal memiliki fitur yang hampir cocok dengan WhatsApp dan aplikasi perintah instan lain. Namun, ada kaum fitur unik di dalamnya dan belum tersedia di WhatsApp.

Salah satunya adalah dukungan bahasa Jawa yang bisa dibuah langsung di dalam aplikasi.

Dalam WhatsApp, pengaturan bahasa mengikuti penggolongan perangkat yang digunakan. Artinya, buat mengganti bahasa di WhatsApp, pengguna harus mengubah pengaturan bahasa di sistem operasi ponsel.

Sementara itu, kebanyakan ponsel Android maupun iOS belum mendukung norma Jawa di pengaturan bawaan.

Hal ini berbeda secara Signal, di mana pengguna mampu mengubah pengaturan bahasa sesuka berkorban dari aplikasi tanpa harus mengganti pengaturan bahasa di perangkat. Selain bahasa Jawa, Signal tentu saja sudah mendukung bahasa Indonesia.

Baca juga: Kebijakan Baru WhatsApp Ditunda, Tidak Ada Akun dengan Dihapus 8 Februari

Android

Untuk mengubah bahasa dalam Signal sangat mudah. Di ponsel Android, pengguna cukup mengetuk menjepret profil di sisi atas adang-adang.

Kemudian pilih “appearance” atau tampilan. Lalu pilih “bahasa” dan gulir hingga menemukan opsi ” Bahasa Jawa”. Secara otomatis, seluruh menu akan muncul di Bahasa Jawa.

Cara mengubah pengaturan aplikasi Signal ke Bahasa Jawa. Kompas. com/Wahyunanda Kusuma Cara mengubah pengaturan permintaan Signal ke Bahasa Jawa.