Berita Data SGP

Penjelasan WhatsApp soal Kebijakan Privasi Baru yang Berlaku Hari Ini



KOMPAS.com – Aturan baru WhatsApp tentang berbagi data dengan Facebook mulai berlaku hari ini, Sabtu (15/5/2021). Kebijakan tersebut sempat menjadi kontroversi sejak awal tahun ini.

Pasalnya, kebijakan ini membuat kebingungan di tengah pengguna WhatsApp dan mereka menganggap percakapan mereka bisa diintip oleh Facebook. 

WhatsApp pun melakukan berbagai klarifikasi terkait kebijakan tersebut. Pada pertengahan Januari lalu melaluipernyataan resminya, WhatsApp membeberkan sejumlah poin yang diluruskan.

Ada beberapa poin yang ditegaskan. Pertama, WhatsApp menjelaskan bahwa kebijakan baru tersebut tidak akan berdampak pada privasi pesan pengguna.

“Kami ingin memberi kejelasan bahwa pembaruan kebijakan privasi tersebut tidak memengaruhi privasi pesan-pesan yang Anda kirim kepada teman atau keluarga dalam cara apa pun,” tulis pihak WhatsApp.

Menurut WhatsApp, pembaruan ini hanya mencakup perubahan yang berhubungan dengan berkirim pesan ke akun bisnis.

Baca juga: Kebijakan Baru WhatsApp Berlaku Hari Ini, Bagaimana Nasib Akun yang Tak Setuju?

Kedua, WhatsApp juga menegaskan bahwa dalam kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru ini, percakapan pribadi masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end.

Selain itu, WhatsApp maupun Facebook mengklaim tidak dapat mengakses percakapan pribadi pengguna. Hal ini juga berlaku untuk riwayat panggilan telepon di aplikasi.

Pihak WhatsApp juga mengatakan bahwa mereka tidak akan mengakses daftar kontak atau informasi nomor telepon yang tersimpan di perangkat pengguna.

Ketiga, informasi soal lokasi pengguna berada serta isi pesan yang berkaitan dengan hal tersebut juga tidak akan dihimpun karena sudah dilengkapi dengan enkripsi end-to-end. Artinya, pihak lain bahkan pihak WhatsApp sendiri tidak dapat mengaksesnya.

“Ketika Anda membagikan lokasi dengan seseorang di WhatsApp, lokasi tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini berarti tidak seorang pun yang dapat melihat lokasi Anda, kecuali pengguna yang Anda bagikan,” kata WhatsApp.

Keempat, WhatsApp juga menjamin kerahasiaan isi obrolan grup. Menurut WhatsApp, sama halnya dengan isi pesan pribadi, obrolan grup juga dilindungi oleh enkripsi end-to-end agar terhindar dari penyalahgunaan.


Prize khusus Data SGP 2020 – 2021. Bonus hari ini lainnya bisa diperhatikan secara terprogram via pengumuman yang kami umumkan dalam laman ini, lalu juga bisa ditanyakan kepada layanan LiveChat pendukung kami yg menjaga 24 jam On the internet untuk mengservis seluruh kepentingan para player. Lanjut secepatnya sign-up, dan menangkan jackpot Lotere & Live Casino On-line terbaik yang tersedia di tempat kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *