Berita

Review Samsung Galaxy M52 5G, Ponsel Ringan dengan Baterai Besar


KOMPAS.com – Satu bulan lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2021, Samsung resmi membawa ponsel seri M terbarunya ke Indonesia, yakni Galaxy M52 5G. Perangkat ini adalah ponsel kelas menengah yang dibanderol dengan harga Rp 5,4 juta.

KompasTekno berkesempatan untuk mencoba menggunakan Galaxy M52 5G selama kurang lebih satu bulan. Perangkat ini kami gunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Selama masa uji coba, kami menggunakan Galaxy M52 5G selama dua minggu pertama sebagai perangkat kedua. Saat digunakan sebagai perangkat kedua, kami menggunakan Galaxy M52 5G hanya seperlunya dan bukan penggunaan yang intensif.

Baca juga: Samsung Galaxy M52 5G Resmi di Indonesia, Baterai Jumbo Harga Rp 5 Jutaan

Kemudian pada dua minggu berikutnya, kami menggunakan Galaxy M52 5G sebagai perangkat utama. Di sini, kami mengandalkan Galaxy M52 5G untuk media sosial dan bermain game sehari-hari.

Dari sinilah kami mendapat gambaran perbandingan performa Galaxy M52 5G saat digunakan sebagai perangkat pertama dan perangkat kedua. Berikut ini adalah kesan-kesan yang KompasTekno dapatkan saat menggunakan Galaxy M52 5G selama lebih kurang satu bulan.

Unboxing, aksesori pelengkap minimalis

Samsung membanderol Galaxy M52 5G dengan harga Rp 5,4 juta. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung membanderol Galaxy M52 5G dengan harga Rp 5,4 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Galaxy M52 5G tampil dengan kemasan yang simpel dengan kotak yang didominasi warna putih, serta gambar perangkat di bagian depan. Unit yang KompasTekno dapatkan memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Meskipun berbanderol Rp 5 jutaan, aksesori pelengkap yang menyertai Samsung Galaxy A52 5G ternyata bisa dibilang minimalis. Di dalam boks kemasan hanya ada charger 15 watt, kabel USB A ke USB C, SIM card ejector tool, serta booklet panduan.

Galaxy M52 5G sebenarnya sudah mendukung fast charging hingga 25 watt. Sehingga, pengguna bisa mengisi baterainya dengan lebih cepat apabila memiliki charger dengan keluaran daya lebih besar dibanding yang disertakan dalam kemasan.

KompasTekno tidak menemukan earphone dan softcase di dalam kotak kemasan. Samsung Galaxy M52 5G sendiri tidak memiliki jack audio 3,5 mm.

Bodi besar, tapi ringan

Galaxy M52 5G memiliki warna yang mengilat. Bekas jari pengguna cukup mudah menempel di bagian belakang ponsel ini. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Galaxy M52 5G memiliki warna yang mengilat. Bekas jari pengguna cukup mudah menempel di bagian belakang ponsel ini.

Galaxy M52 5G bisa dibilang berukuran cukup besar dengan ukuran layar 6,7 inci dan dimensi fisikĀ 164,2 x 76,4 x 7,4 mm. Walaupun demikian, ponsel ini terasa ringan, bobotnya hanya sekitar 173 gram.

Bobot tersebut memang lebih enteng ketimbang ponsel lain sekelasnya. Sebagai perbandingan, Galaxy A52s 5G yang punya spesifikasi serupa, memiliki berat 189 gram. Padahal, dimensi fisik dan ukuran layar Galaxy M52 5G lebih besar ketimbang Galaxy A52s 5G.

Bobot ringan inilah yang membuat Galaxy M52 5G nyaman ketika digenggam dan masuk ke dalam saku.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M52 di Indonesia

Selama penggunaan satu bulan, kami tidak merasa terganggu saat beraktivitas dengan posisi ponsel berada di saku celana. Seperti saat mengendarai sepeda motor, duduk sambil bekerja, hingga saat kami bawa untuk jogging.

Meski demikian, pengguna wajib hati-hati saat menggenggam Galaxy M52 5G. Pasalnya, bagian belakang ponsel terasa cukup licin, apalagi saat tangan mulai berkeringat. Solusinya, pengguna bisa menggunakan softcase yang dibeli sendiri agar tidak mudah selip.

Layar Super AMOLED 120 Hz

Samsung Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M  dengan dukungan jaringan 5G pertama yang masuk Indonesia. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M dengan dukungan jaringan 5G pertama yang masuk Indonesia.

Galaxy M52 5G dibekali layar Super AMOLED berdiagonal 6,7 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan resolusi Full HD Plus. Di bagian atas terdapat punch hole yang memuat kamera 32 megapiksel.

Layar Galaxy M52 5G dapat menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan dan kontras warna yang cukup apik. Saat digunakan di bawah terik matahari, objek di dalam layar masih bisa terlihat dengan jelas.

Undian gede Data SGP 2020 – 2021. Undian spesial yang lain hadir dilihat secara berkala via kabar yg kami umumkan pada situs itu, lalu juga bisa dichat terhadap operator LiveChat support kami yang menjaga 24 jam On the internet dapat mengservis seluruh maksud antara tamu. Mari langsung gabung, serta menangkan prize Toto dan Kasino On-line terbaik yg tampil di situs kami.