Berita

Tak Sekadar Soal Kecepatan, Berikut Deretan Keandalan Teknologi 5G


KOMPAS.com – Teknologi seluler generasi kelima atau 5G menjadi perbincangan di antara pencinta smartphone selama beberapa tahun terakhir.

Teknologi seluler terbaru itu menawarkan kecepatan internet kencang mencapai 20 gigabyte per second (Gbps). Dengan kecepatan ini, aktivitas internet, seperti mengunduh, streaming video, atau bermain game, dapat berjalan semakin mulus.

Selain aktivitas tersebut, jaringan 5G juga diprediksi bakal mengubah lanskap digital yang sebelumnya disokong oleh jaringan 4G.

Lantas, apa saja keandalan teknologi 5G yang dapat memberikan perubahan signifikan terhadap dunia digital?

Baca juga: Saingan Kamera DSLR, Ini Rahasia Teknologi Terkini pada Smartphone untuk Hasilkan Gambar Berkualitas Tinggi

1. Beri lebih banyak kapasitas

Tak hanya kecepatan, jaringan 5G juga bakal memberikan kapasitas dan ruang yang lebih besar dibandingkan 4G. Ini artinya, 5G memungkinkan lebih banyak perangkat yang terhubung sekaligus.

Sebagai contoh, seseorang yang berada pada satu tempat dengan banyak orang terkadang sulit mendapat sinyal kuat. Pasalnya, jumlah perangkat yang terhubung telah mencapai kapasitas maksimal dari base transceiver station (BTS). Alhasil, koneksi internet menjadi terbatas.

Dengan teknologi 5G, kejadian seperti itu bisa diminimalisasi karena kapasitas 5G lebih besar.

2. Pengalaman hiburan lebih lanjut secara real-time

Berkat jaringan 5G, kamu bisa menikmati hiburan secara langsung atau real-time tanpa hambatan atau lag. Menonton pertandingan bulu tangkis, misalnya.

Baca juga: Hybrid Working Jadi Tren, Berikut Manfaat dan Teknologi yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

Aktivitas tersebut bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah dan membeli tiket VIP agar bisa mendapatkan posisi bangku terdepan.

Kamu cukup memiliki smartphone berteknologi 5G untuk menyaksikannya. Bahkan, seiring perkembangan teknologi, kamu pun bisa menyaksikan pertandingan bulu tangkis menggunakan virtual reality (VR) headset yang terhubung dengan smartphone 5G.

Dengan kombinasi teknologi itu, kamu bisa merasakan atmosfer menonton pertandingan layaknya di stadion.

3. Bisa terhubung dengan artis idola

Jaringan 5G juga memudahkan penggemar dan idola berinteraksi serta terhubung. Penggemar bisa menghadiri acara-acara yang terkait dengan idola, seperti konser atau reality show, tanpa harus repot berdesak-desakan dengan orang lain.

Baca juga: 3 Inovasi Smartphone Masa Kini yang Bikin Pengguna Happy

Saat menonton konser, misalnya, penggemar cukup menggunakan smartphone atau device yang terhubung 5G tanpa perlu repot membeli tiket dan bepergian. Dengan cara ini, konser bisa ditonton dari rumah dengan kualitas visual beresolusi tinggi.

Oppo Reno7 Series 5G sendiri merupakan produk teranyar dari Oppo yang terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan prosesor berteknologi 5G yang memberikan kompatibilitas dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno7 Series 5G sendiri merupakan produk teranyar dari Oppo yang terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan prosesor berteknologi 5G yang memberikan kompatibilitas dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia.

4. Anti-ngelag

Berkat jaringan 5G, pengguna bisa mengucapkan sayonara pada lag saat menonton video, bermain game, atau menyelenggarakan siaran langsung. Pasalnya, kecepatan internet yang disuguhkan jaringan 5G sepuluh kali lebih kencang dari jaringan 4G.

Kamu pun bisa melakukan streaming video dan menonton film dengan kualitas gambar 4K atau 8K tanpa khawatir ngelag atau tampilan visual buram. Dengan begitu, aktivitas hiburan terasa lebih menyenangkan.

5. Kontrol dalam satu genggaman

Teknologi 5G menawarkan kemudahan untuk mendukung konsep smart living. Kamu bisa mengoneksikan smartphone 5G dengan perangkat rumah yang sudah dibekali teknologi internet of things (IoT), seperti pendingin ruangan (AC), sistem keamanan rumah, kompor listrik, dan lampu.

Baca juga: Evolusi Desain Oppo Reno Series, dari Ponsel Sirip Ikan Hiu hingga Jagokan Teknologi Laser Direct Imaging

Dengan demikian, kamu bisa mengontrol perangkat tersebut hanya dalam satu klik dari smartphone saat berada di luar rumah.

Sebagai contoh, kamu bisa mematikan kompor listrik secara otomatis atau menyalakan AC sebelum tiba di rumah. Dengan cara ini, hidup jadi lebih mudah, bukan?

6. Makin imersif dengan extended reality

Teknologi 5G juga dapat memperkaya teknologi extended reality. Teknologi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk keperluan bermain game.

Lebih dari itu, berkat jaringan 5G, teknologi yang terdiri dari VR dan augmented reality (AR) tersebut dapat diaplikasikan pada platform belanja daring atau e-commerce.

Baca juga: Sokong Sektor Kesehatan hingga Industri Penyiaran, Berikut Sederet Kegunaan Teknologi 5G

Contohnya, konsumen dapat mencoba item fesyen menggunakan teknologi AR. Dengan demikian, konsumen bisa menilai item tersebut cocok dikenakan atau tidak sebelum memutuskan membeli.

Perangkat andal berteknologi 5G

Guna menikmati sejumlah keunggulan tersebut, kamu perlu memiliki smartphone 5G. Salah satunya adalah Oppo Reno7 Series 5G.

Untuk diketahui, Oppo dikenal sebagai leading 5G technology smartphone serta vendor smartphone dengan kualitas mumpuni.

Oppo Reno7 Series 5G sendiri merupakan produk teranyar dari Oppo yang terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G. Kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan prosesor berteknologi 5G yang memberikan kompatibilitas dengan seluruh operator telekomunikasi penyelenggara jaringan 5G di Indonesia.

Baca juga: Konektivitas 5G, Modal Adopsi Teknologi Metaverse yang Bakal Jadi Tren Global pada 2022

Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast chargingDok. Oppo Ilustrasi smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast charging

Pada Oppo Reno7 5G, Oppo membenamkan prosesor 5G Mediatek Dimensity 900 5G yang kompatibel dengan jaringan 5G pada frekuensi band N1, N3, dan N40. Oppo Reno7 Z 5G juga demikian. Ponsel ini pun mendukung tiga frekuensi jaringan 5G berkat kehadiran chipset Snapdragon 695 5G.

Selain sudah mendukung jaringan 5G, Oppo Reno7 Series 5G juga punya keunggulan lain. Kedua ponsel itu dibekali baterai berkapasitas besar dan pengisi daya supercepat.

Oppo Reno7 5G, misalnya, telah dibekali teknologi fast charging 65W SUPERVOOC dan baterai berkapasitas 4.500 mili-Ampere hour (mAh). Dengan teknologi ini, Oppo Reno7 5G hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit agar daya pada baterai terisi 100 persen.

Sementara, Oppo Reno7 Z 5G dilengkapi baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya supercepat 33W SUPERVOOC. Perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.

Baca juga: Jadi Tren di Masa Depan, Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Smartphone Lipat?

Keunggulan lainnya, Oppo Reno7 Series 5G bisa diandalkan sebagai perangkat hiburan yang lebih imersif, baik untuk gaming, multimedia, maupun media sosial (medsos).

Pasalnya, kedua ponsel dilengkapi teknologi layar terkini. Oppo Reno7 5G dilengkapi layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90 hertz (hz). Sementara, Reno7 Z dibekali layar 6,4 inci AMOLED FHD yang sudah mendapatkan sertifikasi Netflix HD dan Amazon HD Streaming.

Guna mendukung aktivitas tersebut, kedua ponsel juga sudah dibekali memori RAM dan ruang penyimpanan data yang luas. Oppo Reno7 5G dibekali RAM 8 gigabita (GB) yang bisa diperluas hingga 5 GB. Ruang penyimpanan data pada smartphone ini mencapai 256 GB. Kapasitas ini bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 1 terabita (TB).

Untuk Reno7 Z 5G, ponsel ini memiliki kapasitas RAM yang sama dengan teknologi RAM Extended hingga 5 GB. Perbedaannya, ruang penyimpanan data ponsel ini sebesar 128 GB dan bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Baca juga: Canggih, Ini 5 Teknologi Masa Depan dalam Film yang Berujung Jadi Kenyatan

Pada Reno7 5G, Oppo membenamkan fitur Portrait pada kamera depan dan belakang yang dapat menghasilkan gambar berkualitas setara kamera digital single lens reflex (DSLR).Dok. Oppo Indonesia Pada Reno7 5G, Oppo membenamkan fitur Portrait pada kamera depan dan belakang yang dapat menghasilkan gambar berkualitas setara kamera digital single lens reflex (DSLR).

Soal fotografi, kedua ponsel Oppo Reno7 Series 5G juga dibekali teknologi unggulan. Pada Reno7 5G, Oppo membenamkan fitur Portrait pada kamera depan dan belakang yang dapat menghasilkan gambar berkualitas setara kamera digital single lens reflex (DSLR).

Pasalnya, Oppo menggunakan pencitraan yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Teknologi ini disebut pula sebagai komputasi fotografi untuk meniru sifat optik dari kamera DSLR.

Berkat teknologi AI, fitur Portrait pada Oppo Reno7 5G dapat menyimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan, mulai dari F0.95 hingga F16.

Sementara itu, pada Reno7 Z 5G, Oppo menghadirkan Triple ISP Spectra 346T. Teknologi ini dapat membantu memotret obyek pada kondisi rendah cahaya atau low-light.

Baca juga: Beralih ke Gaya Hidup Cerdas, Ini Deretan Gadget Multiperangkat Canggih yang Wajib Dimiliki

Kualitas lensa kamera pada Oppo Reno7 Series 5G juga bisa menghasilkan video dengan efek bokeh selayaknya kamera video profesional.

Berkat prosesor kelas high-end tersebut, Oppo bisa mengembangkan fitur foto portrait dengan kehadiran Triple ISP Spectra 346T pada Reno7 Z 5G. Dengan begitu, Oppo Reno7 Z 5G memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya atau low-light.Dok. Oppo Indonesia Berkat prosesor kelas high-end tersebut, Oppo bisa mengembangkan fitur foto portrait dengan kehadiran Triple ISP Spectra 346T pada Reno7 Z 5G. Dengan begitu, Oppo Reno7 Z 5G memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya atau low-light.

Dengan memanfaatkan berbagai fungsi dan fitur yang disematkan pada smartphone Oppo Reno7 Series 5G, kamu tidak hanya menikmati keandalan jaringan 5G. Lebih dari itu, kamu pun bisa melakukan berbagai hal dengan lebih produktif, efisien, serta lebih kreatif.

Miliki segala kecanggihan dari Oppo Reno7 Series 5G. Beli Oppo Reno7 Z 5G hanya dengan Rp 5.999.000 dan Reno7 5G dengan harga Rp 7.499.000.

Sebagai informasi, Oppo memberikan paket bundling dari Telkomsel berupa paket data hingga 192 GB dengan tambahan 10 GB pada jaringan 5G.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 Series, silakan kunjungi tautan berikut.

Bonus khusus Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Game mantap lain-lain bisa diamati dengan terpola via poster yang kami tempatkan dalam situs ini, lalu juga siap dichat terhadap layanan LiveChat support kita yg menunggu 24 jam On-line guna mengservis semua kebutuhan para visitor. Yuk buruan gabung, & ambil diskon Undian serta Live Casino On-line tergede yg ada di tempat kami.