Berita Pengeluaran SGP

Tanda-tanda Instagram Reels Masuk ke Indonesia


KOMPAS.com – Pertengahan tahun lalu, Instagram mulai merilis fitur Reels ke lebih dari 50 negara setelah diuji coba di Brasil selama sembilan bulan. Instagram tidak merinci secara lengkap negara mana yang sudah mendapatkan fitur yang mirip TikTok ini.

Dalam situsnya, Instagram hanya menyebut beberapa negara seperti, India, Perancis, Jerman Jepang, Australia, dan Inggris. Belum diketahui pasti apakah Indonesia masuk dalam daftar 50 negara tersebut atau tidak.

Namun, tanda-tanda kehadiran fitur Reels di Tanah Air mulai muncul. Dari pantauan KompasTekno, pilihan untuk menggunakan fitur Reels sudah hadir di beberapa pengguna Instagram di Indonesia. Reels muncul di pengaturan kamera setelah membuka Instagram Story.

Baca juga: Instagram Luncurkan Reels, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Tangkapan layar tanda-tanda fitur Reels di Instagram Indonesia.Instagram Tangkapan layar tanda-tanda fitur Reels di Instagram Indonesia.

Namun, fitur tersebut belum bisa diaktifkan. Tombol Reels tersebut juga belum muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur “post”, “story”, dan “live”.

Jika sudah sepenuhnya berfungsi, tombol Reels juga akan muncul secara khusus (dedicated) di beranda, berada di antara ikon “search” dan “shop”.

Tampilan baru beranda Instagram yang kini memiliki tombol Reels dan Instagram Shopping.Instagram Tampilan baru beranda Instagram yang kini memiliki tombol Reels dan Instagram Shopping.

Belum diketahui kapan Reels akan resmi bisa digunakan di Indonesia. Reels disebut-sebut menjadi “senjata” Instagram untuk menyaingi TikTok. Sebab, tools yang dimiliki mirip dengan TikTok.

Dengan Reels, pengguna bisa merekam video pendek berdurasi hingga 30 detik. Pengguna bisa menambahkan latar musik, efek, serta mengatur tingkat kecepatan video langsung dari fitur kamera di aplikasi Instagram.

Baca juga: Durasi Video di Instagram Reels Diperpanjang, Sekarang Bisa 30 Detik

Video Reels nantinya bisa dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message.

Apabila dibagikan di Instagram Stories, video Reels bakal hilang setelah 24 jam, sedangkan jika diunggah di Feed, video tersebut akan terpampang di halaman profil pengguna, sama seperti ketika mereka mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

Selain itu, pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private. Jika memilih opsi “publik”, video Reels bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di menu Explore.

Cara melihat video Reels di menu tersebut juga bakal mirip TikTok, yakni menggulir layar ke atas atau bawah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (19/2/2021). 

Baca juga: Instagram Rombak Tampilan Aplikasinya, Muncul Tombol Reels dan Belanja

Beberapa waktu lalu, Instagram juga dikabarkan akan mengubah cara penggunanya menonton Instagram Story, yakni dengan cara menggukir ke atas atau disebut “vertical stories”. Selama ini, pengguna Instagram menggeser layar secara horisontal atau ke sisi kiri.

Bonus paus Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Info spesial yang lain-lain tampak dilihat dengan terencana melalui banner yang kami tempatkan dalam web itu, lalu juga dapat dichat kepada layanan LiveChat support kami yang siaga 24 jam On-line untuk melayani segala kebutuhan para bettor. Ayo cepetan join, & ambil bonus Lotto dan Kasino On the internet terbesar yang wujud di tempat kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *